Olimpiade adalah platform kompetisi yang diadakan untuk memperbaiki prestasi siswa dalam beragam mata pelajaran yang mereka minati. Kompetisi ini mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk Bahasa Inggris, Matematika, IPA, serta mata pelajaran sosial seperti IPS dan Geografi. Namun, perhatian utama dan jumlah peserta terbanyak biasanya terdapat pada Matematika, IPA, Sains, dan Bahasa Inggris, karena kompleksitasnya dianggap mampu memacu pencapaian akademik siswa.

Olimpiade bertujuan untuk memicu minat belajar, mengembangkan keterampilan kognitif, dan melatih kemampuan komunikasi siswa sejak dini. Melalui kompetisi ini, siswa diberi kesempatan untuk menggali potensi mereka dalam berbagai bidang studi, sambil menumbuhkan semangat persaingan yang sehat. Selain itu, Olimpiade juga berperan dalam memupuk kemandirian dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menghadapi tantangan akademik.

Olimpiade Matematika, Sains dan Bahasa Inggris paling populer dan menentukan kualitas di Kecamatan Leihitu akan di adakan di Ambon dengan nama Olimpiade Omni Sains Indonesia (OSI). Olimpiade OSI ini akan di gear dengan mengikutsertakan siswa dari TK-SD-SMP meliputi mata pelajaran berhitung (untuk TK), Matematika, Sains dan Bahasa Inggris untuk jenjang SD dan SMP. Sedangkan jenjang SD terbagi lagi menjadi 3 level yaitu level 1 untuk kelas 1-2 SD, level 2 untuk SD kelas 3-4 dan level 3 untuk SD kelas 5 dan 6. Siswa-siswa dari sekolah-sekolah Kecamatan Leihitu di undang mengikuti seperti sekolah dari Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kecamatan Salahatu hingga Kecamatan Leihitu Barat dan sekitarnya. Semua siswa akan bertanding sesuai mata pelajaran yang mereka minati – untuk selanjutnya akan menempuh level berikutnya di Olimpiade Provinsi hingga Nasional.

Apakah pemberian yang diberikan oleh Olimpiade OSI ini? 

Yap, tidak main-main. Para peserta yang menang hingga jenjang Nasional, mereka akan mendapatkan reward – selain sertifikat, uang pembinaan dan hadiah lainnya – mereka akan field trip ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Wooww…..tentu hal ini sangat menyenangkan dan menantang para peserta. Ternyata, kepandaian dan prestasi bisa membawa mereka pergi ke luar negeri secara gratis. Olimpiade OSI bukan hanya mengajak mereka keluar negeri sekitar Indonesia, pemenang Grand Nasional juara kategori – akan membawa mereka ke KOREA. Astaga…..nggak main-main, peserta dengan prestasi juara kategori – akan jalan-jalan lagi ke Korea negeri wisata impian para pelancong dunia.

Olimpiade Matematika, Inggris dan Sains di Ambon ini di selenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Omni Indonesia, yang saat ini mengelola sebuah sekolah di Cibinong yaitu Omnischool Cibinong. 

Olimpiade OSI, akan dilaksanakan setiap tahun secara tetap. Pada tahun ini – session marathon Olimpiade OSI akan di mulai di Kabupaten Bogor, Jakarta dan Sukabumi. Lalu setiap minggu, team panitia OSI akan berkeliling Indonesia hingga awal Desember dengan mengakhiri sesi Olimpiade kota di kota Jayapura. Setelah itu, sesi Provinsi akan di mulai bulan Januari hingga Februari, lalu bulan April akan di laksanakan grand final Nasional. Reward field trip akan di lakukan pada saat liburan sekolah Juni-Juli 2025. 

Wah, sungguh impresif! Rencana yang begitu terorganisir dan dijalankan dengan baik.

Ayo, siswa-siswa yang berprestasi! Tingkatkan lagi prestasi dan kemampuan kalian dengan bergabung dalam Olimpiade OSI bersama Omni Sains Indonesia. Semua siswa dari seluruh sekolah diundang untuk turut serta dalam Olimpiade Omni Sains Indonesia 1. Di sini, kalian akan terus diasah, menjadi semakin pintar, cerdas, dan berprestasi. Jangan hanya terpaku pada tingkat sekolah, tapi kejarlah impian untuk meraih prestasi hingga tingkat nasional. 

Dengan semangat belajarmu yang gigih, kini saatnya untuk mendapatkan hadiah yang setimpal. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri, bahkan hingga Korea! Betapa bangganya orang tua dan sekolahmu, serta kebahagiaanmu saat menjelajahi Korea. Tidak ada yang tidak mungkin, jadi ayo segera daftarkan dirimu untuk ikut serta dalam Olimpiade OSI di Ambon!

Bagaimana prosedurnya untuk mendaftar? Dan berapa biaya yang dibutuhkan?

Kamu bisa menghubungi admin pendaftaran Olimpiade OSI Ambon yaitu Miss Emil dengan nomor whatsapp; 0823-3566-8312 atau bisa juga kok kamu langsung daftar online di bit.ly/osicibinong2024. 

Oh iya, buat biayanya, sekarang ini masih masa Early Bird jadi kamu hanya bayar Rp.70.000,- untuk satu mata pelajaran. Kalo kamu mau ikut 2 mata pelajaran biayanya jadi Rp. 130.000,- kalo ikut 3 mata pelajaran biayanya jadi Rp. 180.000,-. Cepetan daftar ya karena jika masa Early Bird nya sudah habis, biayanya jadi Rp. 90.000,- per mata pelajaran.

Jangan sia-siakan kesempatan yang ada! Bergabunglah dalam daftar peserta melalui sekolahmu karena panitia OSI telah mengirimkan pemberitahuan resmi yang memberikan gambaran jelas tentang proses dan manfaat dari keikutsertaan dalam acara ini. 

Yuk, segera hubungi teman-temanmu dan beritahu mereka tentang Olimpiade OSI. Ajak mereka untuk turut serta!

 

Leave A Comment